Sun. Jan 17th, 2021

Selain Galaxy A51, Samsung Electronics Indonesia juga meluncurkan Galaxy A71 dengan warna baru Haze Crush Silver di Indonesia.

Kami juga menyediakan jasa review play store atau jasa ulasan play store supaya aplikasi yang kamu buat memiliki ulasan terbaik.

Dibandingkan Galaxy A71 yang diluncurkan Samsung Electronics Indonesia pada Januari 2020, ponsel varian warna baru ini tidak mengalami perubahan. Bahkan spesifikasi hardware yang ditawarkan pada keduanya hampir sama.

Sebagai catatan, saya sempat mengecek Galaxy A71 pada Februari 2020. Selain perbedaan warna, di sini saya melihat fitur fotografi tambahan pada varian ponsel terbaru ini.

Fitur fotografi yang dibawa oleh Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver antara lain Single Take dan Pro Mode. Sebelumnya, kedua fitur tersebut sempat diunggulkan di ponsel utama Samsung Galaxy S20.

Single Take memungkinkan Anda mengambil foto atau video menarik secara instan. Saat saya coba, fitur ini bisa menghasilkan foto berwarna, monokrom, video pendek, video loop, video cepat, dan lainnya.

Anda dapat mengucapkan Single Take agar Anda dapat menggunakan waktu yang paling mahal dengan mudah. Sedangkan Pro Mode pada ponsel ini memungkinkan kita untuk mengatur ISO, aperture, fokus, white balance, lighting, dan preset yang dibutuhkan.

Mirip dengan Galaxy A71 sebelumnya, ponsel varian warna ini memiliki empat kamera belakang dengan komposisi kamera utama 64 MP, ultrawide 12 MP, makro 5 MP, dan sekunder 5 MP. Secara default, kamera utama akan menghasilkan foto beresolusi 16 MP berkat teknologi binning TetraCell 4-in-1 piksel.

Namun jika ingin mendapatkan resolusi yang lebih tinggi, kamu bisa menggunakan Mode 64 MP yang di setting di aplikasi kamera bawaan Galaxy A71 Haze Crush Silver. Sementara itu, kamera ultrawide saya dengan mudah menangkap area yang luas.

Meski terdapat fitur Night Mode di ponsel ini, Samsung harus menyesuaikan fotografi di malam hari karena masih banyak noise di foto. Sedangkan kamera depan ponsel ini memiliki resolusi 16 MP dengan kualitas yang baik.

Dari sektor hardware, Galaxy A71 Haze Crush Silver dibekali chipset Octa-Core Snapdragon 730G berkecepatan maksimal 2,2 GHz yang dipadukan dengan RAM 8 GB. Kombinasi ini dapat membuat aplikasi untuk aktivitas sehari-hari menjadi lancar dalam multitasking.

Game populer seperti Mobile Legends, Arena of Valor, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, dan Final Fantasy XV Pocket Edition dapat dijalankan dengan menggunakan pengaturan grafik dan frame level tinggi. Tetapi untuk Final Fantasy XV Pocket Edition, Anda perlu menggunakan grafik dan bingkai tingkat sedang untuk membuatnya lebih halus.

Berdasarkan uji AnTuTu Benchmark v8.4.3, Galaxy A71 Haze Crush Silver mendapatkan skor 192.538 poin. Dalam hal benchmarking dengan Geekbench 4.4.2, ponsel ini memperoleh 2.540 poin untuk Single-Core dan 7.112 untuk Multi-Core.

Perangkat ini juga mencetak 545 untuk Single-Core dan 1.716 untuk Multi-Core dalam pengujian dengan Geekbench 5.2.0. Dengan pengujian game dan benchmark, menunjukkan bahwa Galaxy A71 mampu bersaing dengan ponsel kelas menengah lainnya.

Baterai 4.500mAh di ponsel ini diklaim Samsung memiliki daya tahan baterai yang lama. Untuk itulah, saya mencoba menggunakan aplikasi PCMark untuk Android dengan mode masa pakai baterai 2.0, kondisi baterai 100%, dan tingkat kecerahan layar 50%.

Alhasil, ponsel ini bisa mendapatkan skor 12 jam 12 menit. Selama penggunaan sehari-hari, Galaxy A71 Haze Crush Silver mampu bertahan hingga 19 jam 18 menit dengan layar normal 10 jam 45 menit.

Berkat fitur Fast Charging 25W, varian ponsel terbaru ini memiliki waktu pengisian baterai cepat 12% hingga 100% hanya dalam 1 jam 30 menit.

Berdasarkan penggunaan selama seminggu, Galaxy A71 Haze Crush Silver digunakan dalam aktivitas sehari-hari karena performa dan kemampuan multi-kameranya yang bertenaga. Namun, kemampuan kamera malam dan fitur Mode Malam harus ditambahkan.

Layar Super AMOLED Plus Full HD + 6,7 inci pada Galaxy A71 Haze Crush Silver dapat menampilkan konten yang cerah dan tajam. Meski desainnya penuh lubang, saya bisa leluasa menonton video dan bermain game.

Bagian belakang ponsel terasa nyaman dengan warna Haze Crush Silver yang tampak hebat. Selain itu, sidik jari dan noda tidak mudah menempel di punggung. Meski demikian, Samsung tetap menyertakan softcase tambahan dalam paket penjualannya.