Sekolah Fashion Disigne Terbaik di Jakarta

Untuk menjadi perancang busana yang andal, sebenarnya Anda tidak perlu belajar di luar negeri. Pasalnya, di Jakarta sudah banyak sekolah desain fashion yang bagus lho. Industri fashion memang asyik untuk dibicarakan.

Menurut CNBC, pada 2019 ekonomi kreatif Indonesia disumbang oleh industri fashion sekitar 18,01% atau sekitar Rp. 116 triliun. Jadi, jika Anda memiliki impian untuk berkarier di bidang fashion sebagai perancang busana, Anda tidak perlu bingung memilih sekolah.

1. ESMOD Jakarta

ESMOD dikatakan sebagai salah satu sekolah fashion design terbaik di Jakarta. Dilansir dari situs resmi ESMOD Jakarta, tampaknya ESMOD merupakan sekolah mode pertama di dunia yang didirikan sejak tahun 1841 oleh Alexis Lavigne. ESMOD akhirnya berdiri di Jakarta pada tahun 1996.

Kami juga menyediakan layanan bikin baju dengan desain suka-suka Anda, dengan layanan baju custom dari kami dijamin membuat Anda akan puas dengan hasilnya.

Sejak saat itu ESMOD telah melahirkan banyak perancang busana profesional Indonesia seperti Dian Pelangi hingga Oscar Lawalata. Ada beberapa program yang ditawarkan ESMOD Jakarta yang bisa dipilih. Misalnya Fashion Design & Pattern Design selama 1 tahun.

Lalu ada juga program Bisnis Fashion Internasional dan program Design & Create Fashion selama 3 tahun. Selain itu, ada kursus singkat yang berlangsung selama 4 hingga 6 minggu.

2. LaSalle College

Sekolah fashion design terbaik di Jakarta yang harus kamu ketahui adalah LaSalle College. Sebagaimana dijelaskan di situs resmi, LaSalle College adalah perguruan tinggi desain kelas internasional yang merupakan bagian dari jaringan Pendidikan LCI Kanada. Di sekolah fashion design ini ada beberapa program menarik yang ditawarkan.

Misalnya, Program Diploma dan Program Internasional Bersertifikat. Program Diploma dapat diselesaikan dalam 2 tahun dengan kelas penuh.

Namun, jika ingin mencoba kelas menengah bisa dilakukan dalam 3 tahun. Sedangkan Program Bersertifikat Internasional dapat diselesaikan dalam waktu 1 tahun dengan kelas penuh. Jika memilih kelas setengah, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya adalah 2 tahun.

3. Institut Pengajaran Tata Busana Susan Budiharjo

Susan Budiharjo merupakan salah satu perancang busana senior di Indonesia yang terkenal dengan berbagai karyanya. Pada tahun 1980 ia mendirikan sekolah mode yang sekarang dikenal dengan LPTB Susan Budiharjo.

Seperti yang dijelaskan di situs resminya, beberapa program yang ditawarkan di sekolah ini antara lain Kelas Desain Mode, Kelas Desain Tekstil, Kelas Sejarah Mode, dan banyak lagi. Tidak hanya di Jakarta, sekolah fashion design ini juga telah membuka cabang di kota-kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Semarang dan Bali.

4. Bunka Fashion School

Sekolah fashion design di Jakarta yang harus kamu ketahui selanjutnya adalah Bunka School of Fashion. Bunka School of Fashion didirikan pada tahun 1919 di Jepang, menurut situs resminya. Faktanya, sekolah ini awalnya bernama Namiki Dress Maker School.

Namun, pada tahun 1936 ia akhirnya memutuskan untuk mengubah namanya menjadi Bunka School of Fashion. Saat ini, Bunka School of Fashion telah membuka banyak cabang di beberapa negara mulai dari Amerika Serikat, Inggris, Italia, hingga Jerman.

Di Indonesia, Bunka School of Fashion dibuka pada tahun 1977. Beberapa program yang ditawarkan di Bunka School of Fashion Jakarta antara lain Divisi Fashion, Divisi Spesialisasi Pendidikan, Divisi Spesialisasi Desain, dan lain-lain.

5. Raffles Design Institute Jakarta

Raffles Design Institute juga merupakan salah satu sekolah fashion design ternama di Jakarta. Pelajar dari sekolah desain ini pun kerap memamerkan karyanya di berbagai fashion show ternama seperti Jakarta Fashion Week.

Seperti yang dijelaskan di situs resminya, Raffles Design Institute adalah lembaga pendidikan swasta yang memiliki sejumlah program yang dirancang khusus untuk membantu para profesional kreatif dan wirausahawan mengembangkan keterampilan mereka.

Beberapa program unggulan dari Raffles Design Institute antara lain Fashion Design, Digital Media Design, Marketing & Fashion Management, Visual Communication Design, dan banyak lagi. Menariknya, para mahasiswa disini akan langsung dibekali ilmunya oleh para dosen asing yang sudah profesional di bidangnya masing-masing.

Kurikulum yang digunakan selalu ditinjau ulang agar siswa yakin mendapatkan sistem pembelajaran yang terbaik. Perancang busana merupakan salah satu profesi di bidang industri kreatif yang memiliki prospek karir yang sangat baik.

Jadi, jika ingin mencoba profesi ini, tidak perlu tahu sekolah desain fashion paling populer di Jakarta.