Siapa Itu Fitter?

Proyek konstruksi dilaksanakan ikuti urutan yang sistematis berasal dari lini per lini. Dimulai berasal dari gagasan dan pemikiran yang amat matang, survey lokasi, pengukuran, pembuatan desain, persiapan material, hingga dimulainya konstruksi di lapangan dilaksanakan ikuti urutan dan rencana yang sistematis. Semua lini berjalan ikuti prosedur yang telah ditetapkan agar hingga menjadi suatu bangunan konstruksi cocok yang diharapkan.

Pekerjaan konstruksi tidak mampu cuma dilaksanakan oleh satu bidang profesi saja tetapi di situ berkumpul beraneka macam bidang profesi yang berbarengan lakukan aktifitas cocok bidang pekerjaan masing-masing. Ada pekerjaan sipil, tersedia pekerjaan elektrikal, pengelasan dan lain-lain.

Namun tersedia salah satu profesi yang tidak boleh dilupakan di sini dikarenakan memiliki peran amat krusial, yaitu Fitter. Tanpa adanya fitter maka proyek konstruksi tidak bakal mampu berjalan.

 

Siapa Itu Fitter?

Fitter adalah profesi pekerjaan yang berkenaan dengan perencanaan, pembuatan dan pemasangan konstruksi baja serta peralatan mesin ikuti anjuran yang diberikan engineering lewat gambar desain.

Pekerjaan yang dilaksanakan seorang fitter senantiasa berkenaan dengan material besi dan baja. Mereka bertugas membuat (fabrikasi) dan merangkai (fit up) bagian-bagian konstruksi baja serta mendirikannya (erection).
Di piping misalnya, pemasangan dan penyambungan pipa serta komponen-komponennya layaknya valve, flange, fitting dan lain-lain semua dilaksanakan oleh fitter. Di sini sesudah itu dikenal dengan makna Pipe Fitter (pipefitter).

Cukup di situ? Tidak. Pemasangan equipment dan mesin-mesin industri seperti; pompa, furnace, vessel, exchanger dan lain-lain termasuk dilaksanakan fitter. Meskipun tersedia technician atau orang engineering tetapi yang terjun langsung untuk merangkai, mengangkat dan menempatkan equipment selanjutnya adalah fitter. Maka di bidang ini fitter sesudah itu dikenal dengan makna Mechanical Fitter.

Begitu krusialnya peran seorang fitter agar tiap-tiap kali tersedia proyek konstruksi yang pertama kali dicari adalah FITTER, bukan yang lain. Tidak berarti yang lainnya tidak perlu tetapi ujung tombak pekerjaan proyek konstruksi tersedia di tangan Fitter Magnetic Flow Meter.