Google find my device solusi mencari perangkat ponsel yang hilang

Kehilangan perangkat ponsel, merupakan salah satu masalah utama bagi para pengguna perangkat ponsel. Dan kini kita sudah tidak harus pusing lagi dengan masalah tersebut karena kini sudah terdapat beberapa solusi untuk pengguna yang kehilangan perangkat ponsel. Mulai dari menggunakan fitur google find my device, melacak nomor perangkat ponsel menggunakan google maps, melacak perangkat ponsel menggunakan email dan masih banyak lagi, akan tetapi yang sekarang akan dibahas adalah melacak perangkat ponsel yang hilang menggunakan fitur google find my device.

Find My Device merupakan sebuah tool yang dimiliki oleh Google. Software Find My Device ini dapat membantu para pengguna perangkat ponsel untuk melacak keberadaan perangkat ponsel khususnya pada Android mereka dengan mudah. Sebelum menggunakan layanan Find My Device di perangkat ponsel pengguna, harus diperhatikan persyaratan – persyaratan yang harus dilakukan agar perangkat ponsel dapat ditemukan dan dilacak, yaitu dengan memastikan perangkat ponsel masih tetap dalam kondisi hidup, perangkat ponsel sudah login ke akun google, perangkat ponsel terhubung dengan internet melalui data seluler atau wifi, sudah memastikan Google Play dalam keadaan Aktif, dan juga sudah mengaktifkan Lokasi dan juga mengaktifkan aplikasi Find My Device.

Setelah semua persyaratan sudah terpenuhi, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan membuka android.com/find, lalu login ke Akun Google. Jika pengguna memiliki lebih dari satu perangkat ponsel, klik ponsel yang hilang di bagian atas layar. Dan jika perangkat ponsel yang hilang memiliki lebih dari satu profil pengguna, login dengan menggunakan Akun Google yang ada di profil utama.

Kemudian perangkat ponsel yang hilang akan mendapatkan notifikasi. Di maps, akan mendapatkan info tentang lokasi ponsel. Lokasi yang ditunjukkan adalah lokasi yang hanya dj perkiraan saja dan mungkin kurang akurat. Jika ponsel tidak dapat ditemukan, akan dapat melihat lokasi terakhir yang diketahui, jika tersedia.

Terdapat beberapa fitur yang dapat di pilih pada google find my device, yaitu putar suara, amankan perangkat, dan hapus perangkat. Pada fitur putar suara, cara kerjanya adalah dengan menderingkan perangkat ponsel dengan volume yang keras dan maksimum selama 5 menit. Untuk para pengguna perangkat ponsel yang menyetel mode senyap atau getarpun tidak perlu khawatir karena pada fitur ini akan tetap bersuara walaupun dengan mode tersebut.

Selanjutnya adalah amankan perangkat, fitur ini akan mengunci ponsel dengan PIN, pola, atau sandi. Jika perangkat ponsel tidak memiliki kunci, akan dapat menyetelnya. Untuk membantu seseorang mengembalikan ponsel, pengguna dapat menambahkan pesan atau nomor telepon ke layar kunci. Lalu fitur yang terakhir adalah hapus perangkat, pada fitur ini menghapus semua data di perangkat ponsel  secara permanen (tetapi mungkin tidak menghapus kartu SD).