Wed. Oct 21st, 2020
Tentang Roasting Coffee

Roasting coffee merupakan proses pemanggangan biji kopi mentah. Tingkatan pemanggangan kopi yang umum digunakan terbagi menjadi 3 tingkatan yaitu light roast, medium roast, dan dark roast. Proses roasting bertujuan untuk membentuk rasa asli baik itu tingkat kafein, keasaman, dan juga rasa pahitnya. Maka dari itu kopi yang dicicipi umumnya memiliki rasa yang beda karena tingkat roasting yang juga berbeda.

Tingkatan Roasting Coffee

Biji kopi dark roast memiliki warna biji kopi yang paling gelap dan juga lebih berminyak sedangkan untuk biji kopi light roast merupakan warna yang paling terang dan juga berwarna coklat muda kekuningan. Jadi proses pemanggangan ini bertujuan untuk menghasilkan rasa asli dari biji kopi agar rasanya lebih nikmat.

Semakin lama waktu roasting dan semakin tinggi suhunya maka biji kopi tentu akan semakin gosong. Semakin gosong dan gelap warnanya maka rasa karakter asli dan aroma khas roasting juga akan semakin kuat.

Sebenarnya tidak ada ketentuan tingkat kematangan yang baik untuk membuat secangkir teh yang nikmat. Hal ini semuanya juga bergantung pada jenis dan kualitas biji kopi dan juga selera masing-masing penikmat kopi.

Tentu saja setiap jenis kopi memiliki suhu dan tingkat kematangan ideal yang berbeda-beda. Meskipun begitu, tingkat kematangan saat roasting juga harus disesuaikan dengan kualitas biji kopi dan juga varian rasa kopi yang diinginkan.

Kopi Tanpa Roasting Coffee

Proses roasting sangat penting sehingga barista di kafe atau kedai kopi selalu memperhatikan proses ini dengan teliti agar bisa menghasilkan secangkir kopi yang dapat memberikan kepuasan kepada para pelanggannya.

Bahkan anda juga bisa melakukan proses roasting sendiri di rumah dengan mesin kopi skala kecil atau skala besar baik itu yang manual maupun otomatis. Uniknya, terdapat juga kopi yang tidak melewati proses roasting yang dinamakan kopi hijau. Baik itu kopi hitam maupun kopi hijau memiliki cita rasa dan aroma yang khas.

Membuat Kopi di Rumah

Bagi para penikmat kopi tentu rasanya tidak lengkap jika belum minum kopi sebelum memulai aktivitas. Kopi memang salah satu minuman yang cocok diminum di pagi hari sebelum mengawali hari. Karena minat yang tinggi maka saat ini sudah terdapat banyak varian kopi yang dapat dipesan di kedai kopi atau kafe langganan anda. Setiap varian kopi tentu memiliki rasa yang berbeda-beda sehingga dapat dipilih sesuai selera.

Namun uniknya, saat ini sudah terdapat mesin kopi otomatis yang memungkinkan anda membuat kopi sendiri di rumah ataupun di kantor tanpa harus repot roasting coffee lagi. Rangkaian mesin dan kapsul Nescafe Dolce Gusto akan menjawab kebutuhan anda akan secangkir kopi yang nikmat dan juga aroma yang khas. Bahkan untuk varian rasa kopinya juga sangat lengkap agar anda tidak bosan.

By imindo