Mon. Mar 1st, 2021

Mempunyai hunian pribadi merupakan impian setiap orang. Terlebih jika hunian tersebut dibangun mulai dari sebidang tanah. Impian ini juga menjadi impian para pasutri. Namun, tidak jarang dari mereka yang masih belum mampu membangun sebuah rumah. Untuk itu, pilihan yang bisa mereka ambil adalah menyewa sebuah rumah kontrakan murah. Simak beberapa tips untuk berburu kontrakan nyaman.

 

Tips Berburu Kontrakan Nyaman untuk Pasutri

 

1. Mencari lokasi berdasar aktivitas utama

Para pasutri yang baru menikah, dapat mencari kontrakan yang dekat dengan lokasi kerjanya. Hal ini selain menghemat biaya ongkos, juga dapat menghemat waktu saat perjalanan. Jadi, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu sebelum berangkat kerja bersama pasangan. Lalu saat akan pulang pun, Anda akan lebih cepat bertemu pasangan.

2. Survei lokasi rumah incaran

Mensurvei sebuah lokasi hunian sementara, dapat menghindarkan Anda dari penipuan bila mencoba mencari melalui internet. Anda dapat menyesuaikan keterangan informasi di internet dengan yang aslinya. Bila ternyata sesuai, Anda dapat menghubungi si pemilik untuk melihat lebih lanjut bagian dalam rumah. Namun bila tidak sesuai, silahkan mencari lagi.

3. Lihat lingkungannya

Jangan mudah tergiur untuk mendapatkan kontrakan murah bila Anda belum memeriksa kondisi asli hunian incaran Anda. Periksa kebersihan lingkungan rumah, periksa terdapatkah pabrik di dekat kontrakan, periksa kondisi selokan, periksa tempat pembuangan sampah, dan periksa sumber air bersihnya saat sedang berada di lokasi rumah kontrakan.

Dengan memeriksa semua hal itu, maka akan menjaga calon penghuni rumahnya sehat dan terhindarkan dari berbagai penyakit yang sering muncul saat berada di lingkungan kotor. Serta Anda tidak akan bingung mengenai pasokan air untuk kebutuhan mencuci, mandi, minum, atau memasak.

Keamanan juga dapat Anda pastikan. Tanyakan kepada si pemilik apakah lingkungan kontrakan yang akan Anda huni memiliki petugas keamanan seperti satpam atau tidak. Hal ini nantinya akan meminimalisir terjadinya pencurian bila ada petugas keamanan yang berkeliling.

Serta karakter tetangga sekitar juga bisa menjadi pertimbangan dalam hal ketenteraman jiwa. Tentu akan tidak nyaman bila Anda tinggal di lingkungan yang memiliki warga tukang penggosip atau suka beradu mulut. Anda pasti juga butuh warga yang suportif kepada pendatang baru.

4. Perhatikan kemudahan dalam fasilitas umum

Fasilitas umum juga merupakan hal yang penting yang harus diperhatikan saat akan mengontrak rumah. Apakah lokasi kontrakan dekat dengan fasilitas umum seperti mesin ATM, rumah ibadah, kantor polisi, sekolah, pasar, toko, supermarket, rumah sakit, rumah makan, atau yang lainnya.

5. Perhatikan kondisi dalam rumah

Tiap kontrakan pastinya menawarkan fasilitas yang beragam. Anda dapat melihat apakah fasilitas yang ada sesuai dengan harga yang dipatok. Bila iya, silahkan untuk segera memberitahu si pemilik bahwa Anda tertarik. Namun bila masih belum sesuai harapan, Anda dapat meminta maaf karena belum tertarik menyewanya.

Meskipun begitu, Anda tetap dapat mencari rumah kontrakan yang menyediakan beberapa fasilitas yang Anda inginkan. Dengan catatan, harga yang dipatok akan lebih mahal dari kontrakan yang biasa.

Setelah memastikan dari aspek fasilitas, lanjut untuk memeriksa atap rumah apakah ada yang bocor atau tidak serta apakah terdapat masalah dengan saluran air di kamar mandi. Pemeriksaan instalasi listrik juga jangan sampai terlupakan. Hal ini dimaksudkan agar saat nanti Anda menempatinya, Anda tidak perlu disibukkan dengan urusan perbaikan rumah.

Lihat juga berapa jumlah kamar dalam satu rumah yang disediakan. Bila hanya satu ruangan, Anda dapat menghuninya bersama pasangan bila belum memiliki momongan. Namun, Anda harus pindah rumah ketika sudah mendapat momongan. Namun bila sudah terdapat dua kamar, Anda dapat menyewa rumah untuk waktu yang lama meskipun saat telah mendapat momongan.

6. Pilih kontrakan yang berjangka pendek

Untuk berjaga-jaga, Anda dapat memilih kontrakan yang berjangka pendek agar ketika tidak nyaman dengan lingkungan yang Anda tinggali, Anda dapat pindah dan mencari lingkungan baru yang lebih baik.

Bila sudah mendapatkan beberapa daftar rumah yang disewakan bulanan, Anda dapat membandingkan antara satu rumah dengan rumah lainnya. Periksa lagi dari segi lokasi, fasilitas dan harga.

7. Perhatikan kontrak persetujuan

Silahkan Anda untuk mempertimbangkan dengan baik-baik sebelum memutuskan akan menandatangani kontrak. Bila sudah yakin, silahkan menekannya.

Dengan adanya kontrak ini, maka kedua belah pihak akan merasa nyaman. Kontrak persetujuan dapat menjadi bukti perjanjian yang sudah disetujui oleh si penyewa atau si pemilik. Serta dapat menjadi jaminan bila terjadi sesuatu hal yang menyangkut dengan uang sewa atau poin yang dilanggar dalam kontrak persetujuan.

8. Persiapkan uang sewa

Setelah melakukan semua poin di atas, kini waktunya bagi Anda menyiapkan uang sewa. Anda dapat menegosiasikan sistem pembayaran yang disepakati. Entah membayar langsung kepada pemilik atau meminta membayar dengan cara mencicil.

Yang terpenting, jangan memaksakan diri untuk menyewa rumah kontrakan yang melebihi dari yang dapat Anda bayar. Hal ini akan berdampak buruk pada Kesehatan finansial Anda.

Bila Anda mencari kontrakan karena masih proses membangun rumah, Anda lebih baik menyewa secara bulanan saja. Namun bila Anda belum memiliki cukup banyak uang, Anda bisa menyewanya secara tahunan. Harga sewa tahunan pun lebih murah dibanding harga sewa bulanan.

Itulah delapan tips mendapatkan kontrakan nyaman untuk pasutri. Anda juga dapat mengecek kontrakan murah pada situs rumah.com yang memiliki harga cukup miring.

By imindo