Thu. Dec 3rd, 2020

Banyak apartemen siap huni saat ini sedang dikembangkan. Meski begitu, tidak sedikit orang yang ingin membangun rumah sendiri. Alasannya bermacam-macam, tetapi alasan yang paling umum adalah mereka dapat mendesain rumah sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Namun, tidak mudah dan murah untuk membangun rumah sendiri. Belum lagi kebutuhan pokok yang harus selalu dipenuhi sementara harganya selalu naik. Faktanya, banyak yang terjebak di tempat yang semula mereka inginkan secara ekonomi, tetapi mereka berteriak bahwa biaya membangun rumah mereka sendiri jauh lebih tinggi daripada dana yang tersedia.

Membangun rumah sendiri tidak hanya mahal, tapi juga memakan banyak waktu. Mau tidak mau, kamu memang perlu bersabar untuk bisa langsung pindah ke rumah idaman kamu.

Keinginan untuk membangun rumah sendiri sering kali dihadapkan pada hambatan finansial. Diakui, pembangunan perumahan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, bukan berarti rumah yang bagus harus selalu mahal. Mengetahui tipsnya, Anda bisa membangun rumah berkualitas baik dengan biaya rendah.

1. Buatlah denah rumah

Sebagai langkah awal, rencanakan pembangunan rumah Anda, dimulai dengan fasilitas, ukuran bangunan, dan diakhiri dengan waktu konstruksi yang direncanakan. Rencana ini nantinya berfungsi sebagai pengendalian atas kemungkinan penyimpangan selama proses konstruksi.

Apabila pelaksanaan pembangunan rumah menyimpang dari rencana, tentunya akan berdampak pada biaya yang dikeluarkan.

Misalnya, “keterlambatan” dalam masa konstruksi tentu akan menambah biaya pekerja konstruksi. Oleh karena itu, pilihlah builder atau kontraktor profesional yang benar-benar ahli dalam membangun rumah sesuai dengan ukuran yang direncanakan.

2. Gunakan desain minimalis

Rumah dengan desain minimalis saat ini sedang menjadi trend baik untuk hunian sosial maupun pengembangannya sendiri. Desain rumah ini dinilai lebih ekonomis dalam penggunaan material bangunan, namun tetap terlihat modern dan mewah.

Karena desainnya yang minimalis, rumah jenis ini menghemat tempat sehingga tidak banyak material bangunan yang terbuang percuma. Untuk mendapatkan desain rumah minimalis tidak perlu menggunakan jasa arsitek. Anda bisa mencari desain rumah yang Anda inginkan di internet secara gratis.

3. Tentukan bentuk bangunan

Bentuk bangunan mempengaruhi tingkat kesulitan konstruksi dan kebutuhan bahan bangunan. Rumah berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah dibangun dan lebih murah daripada rumah segitiga atau sudut lainnya.

Umumnya, saat Anda membuat beberapa sudut atau busur, tidak banyak bahan bangunan yang digunakan. Selain itu, derajat kesulitan lebih tinggi pada bangunan bersudut atau melengkung, sehingga tidak ada lagi resiko bentuk bangunan. Kebutuhan akan renovasi jelas membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya.

4. Riset harga bahan bangunan

Mahalnya harga bahan bangunan menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan secara matang. Cukup banyak orang yang menunda pembangunan rumahnya karena harga bahan bangunan yang tidak bersahabat dengan kantong.

Untuk memperkirakan kebutuhan pembiayaan bahan bangunan, sebaiknya pelajari harganya. Tidak perlu ragu atau malu keluar-masuk toko untuk menanyakan harga bahan yang Anda butuhkan, mulai dari semen, pasir, batu bata, besi, dll.

Penting untuk membandingkan harga tersebut karena tidak setiap perusahaan itu sama. Harga penjualan. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

5. Selektif memilih pembangun

Membangun rumah sendiri bukan berarti membangun rumah, tetapi Anda membutuhkan jasa seorang pengrajin atau perajin sebagai pembangunnya. Andalah yang menggabungkan semua bahan bangunan dan memberikan hasil akhir berupa hunian berkualitas tinggi.

Mengingat peran penting para perajin tersebut, maka tidak mengherankan jika biaya jasanya menjadi bagian besar dari anggaran yang disiapkan. Karena itu, Anda perlu selektif saat memilih pengrajin.

Pilih pengrajin yang benar-benar ahli di bidangnya dan memiliki reputasi yang baik. Hal ini penting karena kinerja pekerja mempengaruhi efisiensi proses pembangunan perumahan.

Apakah Anda butuh jasa kontraktor rumah? Jika iya, bisa kunjungi tautan tersebut, hasilnya sangat profesional & puas dengan layanannya.