Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Di masa pandemi seperti ini, menjaga pola hidup sehat sangat penting bagi kita, maka hal itu kita sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan terhindar dari virus corona. Bagaimana sih tips untuk menerapkan pola hidup sehat di masa pandemi? Yuk simak pembahasan berikut:

Hidup sehat.

1.Selalu cuci tangan menggunakan sabun

Cuci tangan menggunakan sabun adalah hal yang harus dibiasakan pada masa pandemi dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan kita terbiasa cuci tangan menggunakan sabun virus dan kotoran yang menempel di tangan akan hilang. Cuci tangan bisa dilakukan setidaknya selama 20 detik atau lebih ketika sebelum makan atau ketika selesai makan, setelah bermain dari suatu tempat dll.

2.Makan sehat dan konsumsi vitamin.

Di masa pandemi mengonsumsi makanan sehat sangat begitu penting bagi tubuh kita. Maka dari itu, kita harus sering mengonsumsi sayur dan buah-buahan secara rutin supaya tubuh kita tetap sehat dan tetap terjaga . Karena di sayur dan buah-buahan terdapat banyak gizi dan vitamin yang begitu bermanfaat bagi tubuh kita. Mengkonsumsi berbagai macam buah dan sayur harus memberikan cukup seng, vitamin D, mineral, serta vitamin penting lainnya untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Hal ini bisa mencegah masuknya virus ke dalam tubuh.

3.Jaga tubuh agar tetap terhidrasi

Air putih juga sangat pentinh, makanya, kamu juga perlu memastikan tubuh mendapatkan konsumsi air yang cukup agar tetap terhidrasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari dehidrasi, kondisi yang dapat menyebabkan sembelit dan perubahan suasana pada hati. Minum air putih juga dipercaya dapat membantu sistem imun agar tetap fit. Kamu juga dapat mengonsumsi kopi dan teh, tetapi hanya dalam jumlah sedang. Hindari minuman manis yang jelas-jelas tidak menyehatkan.

4.Olahraga Secara Teratur

Saat ini, sebagian besar orang menghabiskan waktunya untuk melakukan aktivitas di dalam rumah sehingga membuat aktivitas fisik menjadi berkurang. Mempertahankan rutinitas untuk melakukan olahraga di rumah saat ini nampaknya menjadi “harus” dibandingkan dengan “ingin”. Dengan rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik, walaupun dalam jumlah yang kecil, dapat membawa perbedaan yang besar terhadap kesehatan kita.

Lakukan olahraga dengan intensitas sedang dengan total 150 menit dalam 1 minggu atau sekitar 20 menit setiap hari. Aktivitas fisik dengan intensitas sedang berarti tubuh Kamu sedang bekerja, laju pernapasan menjadi lebih cepat, dan mulai berkeringat. Olahraga secara teratur merupakan salah satu tips menjaga kesehatan jantung oleh karena dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung hingga 35%.

Selain menjaga kesehatan jantung, olahraga teratur juga dapat meningkatkan kesehatan secara umum dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat menjadi tips untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan.

5.Tidur Yang Cukup

Bagi kebanyakan orang dewasa, tidur yang dibutuhkan adalah tujuh hingga delapan jam, sedangkan anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak.

“Tidur yang baik memungkinkan tubuh untuk meremajakan sel-sel dan melawan infeksi virus bersama dengan pola makan yang baik dan seimbang,” ungkap dr Valenti.

6.Berat badan harus dijaga

Untuk menjaga berat badan, dr Wendy Miller dari Beaumont Weight Control Center menyarankan agar menjauhi makanan olahan, seperti kerupuk, keripik, roti dan

permen, serta makanan yang digoreng. Mengonsumsi makanan rendah lemak serta sayuran dan buah dapat membantu berat badan terjaga.

Menurut dr Miller, makanan olahan tidak akan membuat Anda kenyang, justru membuat Anda ingin makan lebih banyak. Hal ini bisa memicu kenaikan berat badan.

7.Mandi Yang Teratur

Untuk menjaga tubuh agar tetap bersih kita bisa mandi 2 kali sehari, karena dengan mandi 2 kali sehari tentu membuat tubuh kita menjadi bersih dan segar, Nah buat kamu yang tidak suka mandi dengan air dingin kalian juga bisa mandi dengan air hangat dengan menggunakan pemanas air Water Heater bermerk Elterra Water Heater. Karena jika musim hujan kita pasti cenderung menggunakan air hangat.

8.Hindari Stres

Berupaya agar tetap tenang dan berpikiran positif sangat penting untuk menghindari penyakit. Dengen pengendalian stress yang baik maka Kortisol, yaitu hormon yang dilepaskan saat seseorang stres akan terkendali dan dapat membantu tubuh melawan peradangan dan penyakit. Berupayalah untuk tetap tenang melalui berbagai cara antara lain dengan meluangkan waktu untuk menekuni hobi. Upayakan untuk tidur setidaknya selama tujuh jam setiap malam, dan jika mulai merasa sakit, tambahlah waktu istirahat.

 Baca juga: Handal Water Heater