Tips Mengatasi Lidah Putih Secara Medis dan Alami

Peradangan Lidah yang Tampak seperti Peta, Kenali Lidah Geografis

Banyak faktor yang menyebabkan lidah putih, misalnya jarang menggosok gigi, merokok, mengkonsumsi alkohol berlebih dan lain lain. Selain itu penyebab lidah putih juga bisa disebabkan oleh leukoplakia, sifilis, geogrhapic tongue, oral thrush, oral lichen planus, kanker mulut, kanker lidah dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Meskipun lidah putih tidak berbahaya, namun dalam kasus yang cukup jarang ditemukan lidah putih dapat menandakan kondisi yang lebih serius seperti infeksi atau gejala kanker. Karenanya kita harus senantiasa menjaga kesehatan mulut termasuk lidah dan gigi. Namun ketika kita mengalami lidah putih kita harus sigap untuk mengatasinya.

Tips Mengatasi Lidah Putih

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi lidah putih adalah sebagai berikut :

  1. Menyikatnya dengan lembut dan memakai alat atau bulu sikat yang lembut
  2. Menggunakan pembersih lidah khusus
  3. Minum air putih yang banyak dapat membantu menghilangkan bakteri dan sisa-sisa makanan yang tersangkut di lidah yang menjadi penyebab lidah putih.

Ketika kita sudah melakukan tips-tips di atas namun lidah masih berwarna putih, maka kita perlukan menemukan penyebab lidah putih tersebut untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Pengobatan Lidah Putih

  • Leukoplakia

Pada leukoplakia biasanya tidak perlu diobati, namun sebaiknya periksakan ke dokter gigi dengan melakukan check up ruton agar memastikan kondisinya tidak menjadi lebih parah. Untuk menghilangkan lapisan dan bercak putih pada lidah di kondisi ini adalah dengan berhenti merokok, mengunyah tembakau dan berhenti mengkonsumsi alkohol.

  • Oral Lichen Planus

Begitu pula pada oral lichen planus juga tidak diperlukan pengobatan khusus, namun jika kondisinya lebih parah biasanya dokter akan meresepkan steroid berbentuk semprot atau pembersih mulut yang terbuat dari pil steroid yang dilarutkan ke dalam air.

  • Oral thrush

Sedangkan kondisi oral thrush dapat diobati dengan obat anti jamur. Obat ini berbentuk gel atau cair yang bisa dioleskan ke mulut. Selain itu juga ada yang berbentuk pil.

  • Sifilis

Untuk kondisi sifilis dapat diobati dengan penisilin, yaitu antibiotik yang dapat membunuh bakteri penyebab sifilis.

Pengobatan Alami Lidah Putih

Selain dapat diobati secara medis, lidah putih jug dapat diatasi dengan melakukan perawatan secara alami, yaitu sebagai berikut :

  • Konsumsi Probiotik

Kondisi lidah putih dan sariawan di mulut adalah akibat dari ketidakseimbangan bakteri sehat di usus. Dengan mengkonsumsi suplemen dan makanan yang mengandung probiotik dapat membantu menyeimbangkan bakteri sehat di usus. Selain itu juga bisa membunuh jamur candida penyebab oral thrush.

  • Konsumsi jus lidah buaya

Lidah buaya dapat menyembuhkan infeksi, luka, luka bakar dan iritasi kulit, karena lidah buaya memiliki sifat antibakteri, anti radang dan anti jamur. Untuk mengatasi lidah putih, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi satu sendok jus lidah buaya dua sampai tiga kali sehari.

  • Konsumsi bawang putih

Bawang putih mengandung antijamur sehingga efektif untuk pengobatan alami dalam mengatasi lidah putih. Untuk mengobati lidah putih yang disebabkan oleh sariawan atau pertumbuhan bakteri berlebihan, dapat diatasi dengan mengkonsumsi satu siung bawang putih per-hari atau gunakan suplemen bawang putih mentah organik.

  • Menggunakan baking soda

Menggunakan baking soda mampu menyebabkan penurunan jumlah sel bakteri di dalam mulut secara signifikan. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan jus lemon hingga berbentuk seperti pasta, kemudian tambahkan campuran tersebut ke sikat gigi, lalu sikat gigi dan juga lidah.