Mon. Mar 1st, 2021

Dengan uang yang cukup, anak cenderung membuat keputusan yang mudah. Namun, anak-anak seringkali tidak tahu apakah keputusan itu efektif atau boros. Berikut 6 cara mudah untuk mengajari anak Anda tentang keuangan:

1. Ajari Anak untuk Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Anak-anak cenderung mengikuti teman atau membeli apa yang mereka suka dan lihat. Oleh karena itu, tempatkan bayi agar dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Ini sangat penting dan akan menjadi pertimbangan untuk pengeluaran uang nantinya.

Baca juga yuk cara atasi speech delay pada Anak, di situs website generos, silahkan Anda bisa klik pada tautan tersebut.

2. Ajari Anak untuk Menetapkan Tujuan Keuangan Sederhana

Pelajaran mengenai target finansial bisa dimulai dari permainan sederhana, seperti permainan monopoli, dam, dan lainnya. Ajari anak Anda untuk menyimpan semua yang dia inginkan. Perlahan, tapi dia akan lebih bertanggung jawab pada dirinya sendiri.

3. Perkenalkan Perbedaan Menabung dan Menghabiskan Uang Jajan

Sering membawa anak ke bank merupakan kebiasaan yang baik untuk mengenalkan anak akan pentingnya menabung. Orang tua dapat menjelaskan perbedaan antara menabung di celengan dan di bank. Nanti dia akan tahu bahwa menabung itu sangat penting.

4. Ajarkan Keuangan Anak Mengelola Uang Dengan Bulan

Orang tua bisa mengajari anak Anda mengatur sistem tunjangan dengan tunjangan bulanan. Jika anak terbiasa mencari uang saku Rp. 5.000 per hari, usahakan memberi Rp 10.000 per hari, dengan syarat Rp 5.000 untuk tabungan. Hemat Rp 5.000 per hari dengan bunga 6% per tahun menjadi Rp 10.400.000 dalam 5 tahun, dan Rp 24.500.000 dalam 10 tahun! Pelajaran yang sangat penting untuk menyelamatkan seorang anak.

Cara Mengajari Anak Mengelola Keuangan

1. Undang Anak-anak ke Bank untuk Membuka Rekening Atas Nama Anda Sendiri

Tidak ada yang lebih penting daripada melakukan latihan. Memulai kebiasaan menabung sejak dini adalah kunci segalanya. Bina kebiasaan anak menabung agar karakternya menjadi dasar pengelolaan keuangan di kemudian hari.

2. Ajari Anak-anak untuk Mencatat Jumlah dari Setiap Uang yang Disimpan atau Dibelanjakan

Kelola keuangan Anda dengan mencatat dengan cermat setiap sen yang Anda belanjakan atau belanjakan. Demi kenyamanan, coba pisahkan uang jajan anak Anda dengan menggunakan 12 amplop kecil dan satu amplop besar.

Alokasi 1 amplop untuk setiap bulan. Kemudian ajak anak Anda untuk menyimpan kuitansi dan memasukkannya ke dalam amplop dan diberi jejak adat apa yang dibuang bersama uang.

By imindo